Sunday, December 4, 2016

Jangan Anggap Remeh Headset Gaming! 3 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Headset Gaming

Para Gamer kebanyakan merasa mouse dan keyboard jauh lebih penting dalam meningkatkan skill bermain mereka, sehingga gaming headset sering dianggap sepele fungsinya.

Namun satu hal yang pasti, sedikit banyak, gaming headset TETAP akan memberikan pengaruh positif ke skill gaming sahabat Mirage.




Sahabat Mirage bisa mencoba sendiri hal ini. Mainkan game kesayangan sahabat Mirage dan matikan suaranya. Saya yakin, game apapun itu, akan jadi lebih sulit dimainkan ketika tidak ada suaranya.

Kenapa begitu? Karena indra pendengaran kita, selain penglihatan, juga berfungsi untuk meningkatkan kesadaran kita akan apa yang terjadi di sekitar kita.

Gaming headset akan memberikan banyak pengaruh ke indra pendengaran kita meningkatkan awareness yang tidak terdeteksi ataupun membantu singkronisasi dengan indra penglihatan kita.



Jadi, untuk gaming headset sendiri, sama seperti gaming peripheral lainnya. Berikut hal-hal yang harus sahabat Mirage perhatikan dalam memilih gaming headset.


Kenyamanan

Aspek kenyamanan menjadi faktor paling penting untuk dipertimbangkan.

Pasalnya, idealnya, bermain game di PC itu bukan hanya sekedar 1-2 jam, namuan juga bahkan bisa sampai 4 jam lebih dalam sekali duduk.

Jika sahabat Mirage menggunakan gaming headset yang kurang nyaman, kemungkinan besar sahabat Mirage akan kegerahan ataupun merasa sakit di telinga.



Ketidaknyamanan ini, pada akhirnya, akan berpengaruh juga pada skill gaming sahabat Mirage.

Berat headset punya pengaruh terhadap kenyamanan, semakin ringan sebuah headset semakin nyaman pula ia digunakan.

Sebisa mungkin, carilah produk yang membuat sahabat Mirage tidak menyadari bahwa sahabat Mirage sedang menggunakannya.

Fitur-fitur

Yang dimaksudkan dengan fitur di sini juga termasuk kualitas suara yang dihasilkannya.

Warna suara yang ideal juga sangat subyektif bagi tiap pengguna karena bisa jadi ada orang yang suka dengan suara full treble namun ada juga yang lebih menyukai full bass, atau yang berada di tengah-tengah.

Namun idealnya, untuk gaming, sahabat Mirage membutuhkan warna suara yang berada di tengah-tengah antara dominasi bass dan treble.

Headset dengan bass yang terlalu kuat, biasanya, akan mengurangi tingkat fidelity / clarity-nya. Sedangkan di game, kadang ada suara-suara yang tidak terlalu kencang namun penting untuk diperhatikan, seperti suara langkah kaki.

Tapi sahabat Mirage juga tetap membutuhkan suara bass yang kuat (sehingga treble tidak terlalu dominan) demi kenyamanan.

Suara ledakan, ambience sound di game horor, ataupun suara deru mobil, semuanya membutuhkan suara bass yang kuat agar membuat game tersebut terasa semakin nyata.

Selain kualitas suara yang dihasilkan, mungkin sahabat Mirage juga ingin mempertimbangkan fitur-fitur sekunder seperti nyala-nyala lampu.

Fitur-fitur sekunder tersebut memang menarik untuk dimiliki namun tidak wajib.


Durability

Sama seperti gaming mouse, durabilitas adalah faktor yang paling sulit untuk ditentukan. Namun faktanya, sebuah produk pasti memiliki umurnya masing-masing.

Jadi paling tidak, sahabat Mirage bisa mencari sebuah produk gaming headset yang tidak akan rusak, patah, mati total dalam 2 tahun, atau kalau bisa lebih. So, cari yang mempunyai garansi resmi.

Bahan pembuat headset tentu saja penting dalam menentukan durabilitas. Meski memang sebagian besar produk headset menggunakan bahan plastik, plastik antar satu produk dengan yang lain bisa jadi sangat berbeda kualitasnya.


Biasanya, gaming headset berkualitas tidak akan mudah patah dan bagian headset paling cepat rusak justru di bagian jack 3.5mm nya – terutama jika sahabat Mirage sering cabut colok.

Jadi, sahabat Mirage bisa mencari headset dengan lapisan emas (gold plated) di jack tersebut untuk membantu memberikan durabilitas lebih.


Kesimpulanya, gaming peripheral mungkin memang akan memberikan signifikansi yang berbeda-beda untuk tiap orang. Ada yang butuh gaming mouse untuk memberikan dampak positif besar terhadap skill individu.

Namun tak sedikit juga yang justru membutuhkan gaming headset untuk memberikan dampak yang sama besar.

Jadi, jika sahabat Mirage masih saja ‘cupu’ meski sudah menggunakan gaming mouse dan keyboard yang bagus, mungkin sahabat Mirage membutuhkan sebuah gaming headset berkualitas.

Tentu saja, saya tidak bisa menjamin skill sahabat Mirage akan meningkat berkali-kali lipat, karena hal tersebut akan sangat terkait dengan jumlah jam terbang sahabat Mirage.

Namun paling tidak, sahabat Mirage bisa membeli gaming headset bagus untuk membantu sahabat Mirage memudahkan proses latihan .

Dan, sahabat Mirage sekarang sudah tahu bagaimana caranya untuk memilih gaming headset tersebut. Jangan lupa di coba dulu sebelum membeli.
Remax My Life
Remax My Life

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

No comments:

Post a Comment